Header Ads

  • Breaking News

    Rutan Selong Panen Perdana Buah Melon, Panen Jagung Tujuh Kali

    Kepala Kanwil Kemenkumham NTB, Sevial Akmily sedang melakukan panen perdana Melon Melon bersama Kadiv Lembaga Pemasyarakatan NTB.

    Lombok Timur - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Selong,Kabupaten Lombok Timur melakukan kegiatan panen perdana buah Melon di areal lahan seluas hampir 1 hektar di lahan milik Rutan Selong,Menangabaris,Desa Gunung Malang, Kecamatan Labuhan Lombok,Sabtu (28/7).

    Selain itu juga melakukan panen jagung di areal lahan dengan luas belasan  hektar yang ketujuh kalinya. Dengan dilakukan ‎Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia NTB, Sevial Akmily bersama pejabat teras Kemenkumham NTB, Kepala Rutan Selong, Kurnia Panji Pamekas bersama jajarannya.

    Selain itu juga ratusan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kemenkumham NTB juga ikut menyaksikannya panen raya buah Melon dan jagung tersebut.Sambil melakukan kegiatan Diklatsar.

    Kepala Rutan Selong, Kurnia Panji Pamekas mengatakan kalau panen perdana buah Melon ini merupakan terobosan baru yang dilakukan pihak Rutan Selong. Dalam rangka untuk mengisi lahan kosong yang dimiliki Rutan Selong di kawasan Menangabaris untuk dimanfaatkan agar bisa menghasilkan ekonomi.

    " Alhamdulillah panen Melon perdana diatas areal tanam mencapai hampir 1 hektar ini bisa dilakukan dengan hasil cukup memuaskan,meski baru pertama kali," tegasnya.

    Selain itu,lanjut Kurnia,pihaknya juga melakukan panen raya jagung di atas areal lahan belasan  hektar. Dengan sudah melakukan panen sebanyak tujuh kali,dimana sekali panen menghasilkan jagung sebanyak 78 ton.

    Dengan satu hektar menghasilkan sebanyak 8 ton,sedangkan pasarannya langsung dibawa ke Bali,karena sudah ada pengusaha yang memborongnya.

    " Rencananya seluruh areal lahan milik Rutan di Menangabaris ini akan dimanfaatkan dengan menanam yang bermanfaat dan mendatangkan hasil," ujarnya.

    Sementara ditempat yang sama Kepala Kanwil Kemenkumham NTB, Sevial Akmily mengaku merasa bangga dengan adanya terobosan dari pihak Rutan Selong yang telah bisa memanfaatkan lahan yang begitu luas ini. Dengan menanam Melon dan jagung,pisang maupun yang lainnya.

    Sehingga tentunya bisa mendatangkan hasil ekonomi yang baik untuk pengembangan usaha Rutan Selong.

    " Sangat bagus dengan inovasi yang dilakukan pihak Rutan Selong melakukan kreasi yang baik dalam memanfaatkan lahan milik rutan Selong yang begitu luas,sehingga perlu didukung bersama," kata Sevial Akmily.

    Editor : Bayu

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad