Header Ads

  • Breaking News

    Satu Orang Naik Haji, Pengantarnya Sekampung


    Mataram - Tradisi mengantar Jamaah Haji khususnya di Lombok dengan cara berkelompok atau beramai-ramai sejak ratusan tahun silam hingga kini masih terus berlangsung, pasalnya, jika ikut mengantar calon haji ada keyakinan di masyarakat terutama yang belum dapat berhaji akan diundang oleh Allah SWT untuk menunaikan rukun Islam kelima pada tahun-tahun mendatang.
    Salah seorang tokoh agama asal Selong Lombok Timur mengakui tradisi itu masih dilestarikan oleh masyarakat Lombok,  terbukti, ratusan masyarakat terutama keluarga Jemaah Haji memadati sekitar jalan di depan Asrama Haji Mataram dan di BIL untuk mengantar keberangkatan keluarganya yang akan melaksanakan Ibadah Haji di Tanah Suci Makkah.

    Dua minggu sebelum berangkat, masyarakat siang dan malam datang berziarah ke rumah Jemaah yang akan berangkat haji tersebut dengan membawa gula, beras dan lainnya, sementara sarakal, zikir dan doa terus dilakukan setiap malam hingga malam keberangkatan. Bahkan di malam keberangkatan Jemaah Haji tersebut tidak tidur semalam suntuk, sementara sejumlah masyarakat menunggu hingga pagi hari, sekaligus langsung mengantarkannya.

    Seperti yang terlihat, walaupun semua keluarganya sudah berdatangan untuk ziarah ke rumah Jamaah Haji ini, namun pada saat Jemaah Haji sudah berada di dalam Asrama Haji masih dipanggil untuk keluar atau menepi di pagar batas halaman Asrama Haji untuk dapat bersalaman dan mengucapkan kata-kata maaf yang akhirnya para keluarga sampai meneteskan air mata menyaksikan keluarganya pergi melaksanakan Ibadah Hajinya.

    Editor : Bayu

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad