Header Ads

  • Breaking News

    Zul - Rohmi akan Kirim 1000 Mahasiswa NTB ke Luar Negeri Setiap Tahun


    Sumbawa Besar - Pemerintah Provinsi NTB berencana akan mengirim Mahasiswa asal NTB sebanyak 1000 orang setiap tahunnya untuk mengenyam pendidikan di sejumlah universitas di luar negeri. rencana luar biasa tersebut disampaikan Gubernur NTB terpilih, DR Zulkieflimansyah SE, M.Sc dalam sambutannya pada kegiatan silaturahmi yang berlangsung di SDLB Sumbawa, kamis (12/07).

    Menurut DR Zul, program ini akan dimulai pada tahun 2019 mendatang. mahasiswa NTB akan tersebar di sejumlah negara seperti Sydney, San francisco, dan lainya. jika program ini berjalan dengan baik, ada 1000 orang setiap tahunnya menginjakkan kakinya di luar negeri,  kemudian ada 700 dari 1000 saja setiap tahunnya kembali ke Jakarta dan semua memiliki posisi, dapat dibayangkan 10 hingga 15 tahun yang akan datang tidak ada satupun eselon I di beberapa departemen yang tidak ada orang NTB. selain itu, dapat dipastikan bahwa anggota parlemen di DPR RI Senayan, dari partai apa dan dapil manapun pasti ada orang NTB nya. Jika sudah banyak tokoh NTB di pusat, maka dengan sendirinya dukungan akan mengalir ke daerah ini. "tapi yang pintar pintar ini berkompetisi di dalam kolam yang kecil, ikannya besar besar dan taringnya tajam tajam", ujarnya.

    DR Zul yang ditemui sejumlah wartawan usai kegiatan tersebut menjelaskan, program Zul Rohmi mengirim 1.000 mahasiswa keluar negeri akan dimulai tahun 2019 mendatang. Meski diakuinya proses ini tidak mudah, namun akan diupayakan. Sebab salah satu kendala mengirim mahasiswa keluar negeri ini adalah masalah Toefl dan IELTS Bahasa Inggris. Karena itu Pemda NTB akan mengadakan kursus bagaimana memperbaiki Toefl dan IELTS di semua kabupaten/kota di NTB. jika Toefl dan IELTS ini sudah teratasi, akan memudahkan anak-anak NTB kuliah di luar negeri. Mengenai anggarannya, akan diusahakan tidak mengganggu anggaran APBD. Pihaknya akan mencari sumber-sumber lain, tandasnya.

    Editor : Bayu

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad