Header Ads

  • Breaking News

    Kegiatan Workshop penyusunan dan pembuatan soal USBN PAI tingkat SMA/SMA Provinsi dan 10 Kabupaten/Kota

    Kegiatan Workshop penyusunan dan pembuatan soal USBN PAI tingkat SMA/SMA Provinsi dan 10 Kabupaten/Kota

    Mataram – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kegiatan workshop ini diikuti 40 orang Guru PAI utusan Kabupaten Kota se Provinsi NTB. Direncanakan akan berlangsung selama 3 hari.

    Kegiatan Workshop penyusunan dan pembuatan soal USBN PAI tingkat SMA/SMA Provinsi dan 10 Kabupaten/Kota ini selain dihadiri Kepala Kanwil Kemenag Provinsi NTB H. Nasruddin, juga dihadiri Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam H. Jalalussyayuthi, seluruh Kepala Seksi Bidang Pakis Rabu ( 6/2/2019 ) di Hotel Mataram Squer.

    Arahan atau sambutan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat H. Nasruddin menyampaikan guru-guru PAI harus profesional sesuai dengan tugas dan tanggung jawab dalam mentrasmosikan ilmunya kepada anak didik

    H. Nasruddin tekankan kepada pengawas dan guru PAI dalam penyusunan naskah soal agar lebih teliti dan cermat terutama agar tidak terjadi kesalahan sehingga dapat mengakibatkan multi tafsir, jangan sampai salah menyusun naskah soal tersebut sehingga tidak bisa keliru atau kesalahan untuk tidak menimbulkan masalah di kemudian hari .

    H. Nasruddin mengingatkan kepada para guru dan pengawas bahwa saat ini hanya hal-hal yang sepele dapat menjadi besar, saya mengajak untuk bersama-sama lebih teliti dan hati-hati didalam menyusun dan membuat soal ini dan tetap berpedoman pada kurikulum yang ada, tidak boleh keluar dari ketentuan yang sudah ditetapkan.

    Yang lebih penting lagi H. Nasruddin menghimbau para guru dan pengawas dalam menyusun Naskah soal ini lebih serius sehingga soal yang di susun menjadi berkwalitas dan mutu untuk bisa di mengerti oleh anak didik lebih di tingkatkan kwalitasnya dari sebelumnya karena para dan pengawas orangorang dipercaya untuk menyusun naskan soal.

    Sebelumnya laporan Ketua Panitia Hj. Eka Mursilawati menyampaikan tujuan Workshop Pembuatan soal USBN PAI ini menyusun soal dan master soal berdasarkan kisi-kisi umum dari Kementerian Agama master soal minimal 2 paket terdiri dari paket utama dan susulan, penyusun soal 75% pada setiap paket, merakit soal 25% dibuat Kementerian Agama dan 75% di buat tim penyusubn serta kunci jawaban untuk masing-masing tingkat satuan pendidikan.

    Selanjutnya diharapkan para guru dan pengawas meningkatkan kemampauan agar bisa menghasilkan soal yang valid,terukur berstandar  sesuai dengan ketentuan. Jumlah peserta kegiatan ini berjumlah 40 ( empat puluh ) orang terdiri dariu Ketua Pokjawas guru PAI SMA/SMK se _ NTB pelaksanaan kegiatan ini selama 3 ( tiga ) hari dari tanggal 6 sampai dengan 8 Pebruari 2019.

    Editor : Bayu adjie

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad