Header Ads

  • Breaking News

    Penyerahan Master Soal USBN PAI SD, SMP dan SMA/SMK dari Tim Penyusun Soal ke Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara

    Penyerahan master soal USBN PAI SD, SMP dan SMA/SMK dari Tim penyusun soal, penelaahan dan penyempurna soal USBN PAI USBN ke Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat di wakili Kepala Bidang SMA/SMK  H. Muhammad Yahya diserahkan pada hari Selasa, tanggal  19 Pebruari 2019  bertempat di Hotel Mataram Square.

    Mataram
    - Penyerahan master soal USBN PAI SD, SMP dan SMA/SMK dari Tim penyusun soal, penelaahan dan penyempurna soal USBN PAI USBN ke Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Barat di wakili Kepala Bidang SMA/SMK  H. Muhammad Yahya diserahkan pada hari Selasa, tanggal  19 Pebruari 2019  bertempat di Hotel Mataram Square.

    Arahan atau sambutan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB di wakili Kepala Bidang SMA/SMK H. Muhammad Yahya menyampaikan USBN merupakan bagian yang tidak terpisahkan. Proses pendidikan tidak sempurna jika tidak dilakukan. UNBK pada  tahun 2019 dilaksanakan untuk SMK dari tanggal 25 Maret 2019 sampai dengan 28 Maret 2019, sedangkan  untuk SMA tanggal 2 April sampai dengan 8 April 2019. Dan untuk jenjang SMP dari  tanggal 11 April 2019 yang  dilanjutkan Paket C dan B. untuk USBN PAI dan PKN. Dan tanggal  23 Maret 2019 untuk jenjang SMA/SMK.

    Dalam proses pendistribusian soal H. Muhammad Yahya berkeyakinan soal disusun dan diempurnakan hingga final. Muhammad Yahya berharap untuk menjaga kerahasiaan soal dan dalam penyusunan soal dibutuhkan wawasan dan ketelitian dengan memiliki landasan-landasan tertentu untuk dilakukan agar soal yang di susun menjadi soal yang cukup presentatif dan dapat digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan anak didik  di masing-masing jenjang. Selain itu H. Muhammad Yahya  juga  berharap untuk dapat semakin  intens dan serius memberikan motivasi sehingga dapat membuat soal-soal yang lebih bermakna serta  mendorong meningkatkan kualitas anak didik di masa depan. Sebelumnya arahan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat di wakili Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam ( Pakis ) H. Jajalussyayuthi menyampaikan dan mengapresiasi kepada seluruh Tim penyusun soal untuk bisa menyelesaikan tugas yang berat. 

    Selanjutnya Kepala UPT, LPMP dan Kadis Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov NTB mengawal penyerahan soal PAI dari Jenjang SD, SMP dan SMA/SMK  se NTB. Adapun soal USBN PAI tersebut 75% berasal dari daerah dan 25% dari pusat.  Diharapkan  soal USBN PAI ini agar benar-benar dijaga kerahasiaannya jangan sampai bocor. Penyusunan soal dilaksanakan oleh Tim sesuai dengan standard yang sudah ditentukan agar soal tidak mengarah kepada suku, ras dan agama, kemudian  penyerahan soal tersebut dibuatkan berita acara dari jenjang SD, SMP maupun jenjang  SMA/SMK.

    Dalam penyusunan soal ini di hadiri 10 kabupaten/kota se – NTB di wakili Kepala Seksi PAI  untuk meneruskan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan tingkat kabupaten/kota.  H. Jalalussyayuthi menekankan bahwa tidak ada alasan lagi untuk dikatakana terlambat pada tahun ini.  Kabid Pakis Kemenag Provinsi di undang secara resmi oleh para Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang berkepentingan untuk penyerahan soal USBN. Kementerian Agama terutama bagian pendidikan dan keagamaan Islam mengundang media agar untuk diketahui bahwa soal USBN ini di jaga keras kerahasiaannya dengan disimpan  dalam bentuk Plasdisk dan CD oleh  pihak-pihak seperti Kepala-kepala SMK atau K3S sesuai dengan juknis yang ada.

    Editor : Bayu adjie

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad