Header Ads

  • Breaking News

    Penyerahan Secara Simbolis Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran ( DIPA ) Tahun Anggaran 2019

    Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat H. Nasruddin di dampingi Kepala Bagian Tata Usaha H. Sirojuddin melakukan penyerahan secara simbolis Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran ( DIPA ) Tahun Anggaran 2019 kepada seluruh Kepala Bidang dan Pembimas lingkup Kanwil Kemenag Provinsi NTB.

    Mataram
    - Senin, 04 Februari 2019 jam 08.30 wita bertempat di ruang sidang utama Kanwil Kemenag Provinsi NTB dilaksanakan pembinaan kepada seluruh ASN Kanwil Kemenag Provinsi NTB sekaligus dirangkaikan dengan penyerahan DIPA TA 2019. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat H. Nasruddin di dampingi Kepala Bagian Tata Usaha H. Sirojuddin melakukan penyerahan secara simbolis Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran ( DIPA ) Tahun Anggaran 2019 kepada seluruh Kepala Bidang dan Pembimas lingkup Kanwil Kemenag Provinsi NTB. Penyerahan DIPA 2019 dilakukan lebih awal dengan harapan mampu mempercepat pelaksanaan program-program / penyerapan anggaran di tahun 2019.

    Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran yang disingkat dengan DIPA adalah dokumen pelaksanaan anggaran yang disusun oleh Pengguna Anggaran / Kuasa Pengguna Anggaran dan di sahkan oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan atau Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan atas nama Menteri Keuangan selaku Bendaharawan Umum Negara ( BUN ). DIPA berlaku untuk satu tahun anggaran. Disamping iitu DIPA dapat dimanfaatkan sebagai alat pengendali pelaksanaan, pelaporan, pengawasan dan sekaligus merupakan perangkat akuntansi pemerintah. Pagu dalam DIPA merupakan batas pengeluaran tertinggi yang tidak boleh dilampaui dan pelaksanaannya harus dapat dipertanggungjawabkan.     

    Penyerahan DIPA ini dihadiri oleh seluruh Kepala Bidang dan Pembimas, Kepada Seksi lingkungan Kantor Wilayah Kemenag Provinsi NTB serta disaksikan pula oleh seluruh ASN lingkup Kanwil Kemenag Provinsi NTB. Dalam arahan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat H. Nasruddin menyampaikan bahwa DIPA bukanlah hal yang rahasia dan perlu diketahui oleh semua pihak bahkan masyarakat sekalipun karena untuk menuju terwujudnya masyarakat dengan sistim pemerintahan yang baik adalah adanya transparansi, dan masyarakat disini berhak untuk mendapatkan informasi sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008  tentang keterbukaan informasi  publik.

    Di penghujung acara ada beberapa hal yang penting kiranya untuk diperhatikan, diantaranya :


    1. Persiapkan program-program  tahun 2019 dengan sebaik-baiknya sehingga dapat berjalan efektif sejak di awal tahun.
    2. Pastikan bahwa penggunaan anggaran memberikan manfaat yang optimal dan fokus kepada outcome bukan sekedar kepada out put saja.
    3. Perlu adanya ke hati-hatian dalam  penggunaan anggaran agar sesuai dengan juknis yang telah ditetapkan
    4. Pastikan semua program berjalan maksimal dan baik, artinya pantau terus kegiatan dan anggaran secara berkala agar tidak ada lagi program-program yang tidak dapat terlaksana sehingga penyerapan anggaran di tahun anggaran 2019 dapat berjalan maksimal.


    Editor : Bayu adjie

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad