Header Ads

  • Breaking News

    Kementerian Agama Kota Mataram menggelar Rapat Awal Koordinasi Persiapan Ujian Nasional (UN)


    Mataram - Kementerian Agama Kota Mataram menggelar Rapat Awal Koordinasi Persiapan Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kota Mataram Selasa 12 Maret 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Sub. Bagian Tata Usaha Kemenag Kota Mataram H. Sulhi Akbar, S.Ag, Kasi Pakis H. Muhammad A. SH.MH, Ketua Pokjawas Kota Mataram Drs. H. Muslim, MA beserta anggota
    Dalam rapat yang diikuti oleh Korwil kecamatan se-kota Mataram, Kepala sekolah SD dan SMP negeri/swasta ini lebih banyak berdiskusi tentang teknis persiapan baik dari kelengkapan data siswa di satuan pendidikan juga kesiapan sekolah melaksanakan UNBK. Selain itu berbagai macam usulan juga menjadi catatan penting untuk diperhatikan agar pelaksanaan UN bisa berjalan dengan lancar.
    Seperti yang disampaikan oleh Plh. Kemenag Kota Mataram H. Muhammad dalam sambutannya  tepat pada jaml 10.30 wita dilanjutkan dengan penyerahan master soal Bidang Study Agama yang masing-masing di serahkan oleh para penyelenggara untuk Agama Islam diwakili oleh Kasi Pakis H.Muhammad, Hindu di terima oleh Pembimas Hindu Ketut Edi Ariawan M.Pdh Budha oleh Penyuluh Agama Budha Dedy Darma, S.Ag dan Kristen oleh Mardiani, S.PAK Kadisdikpora kota Mataram menjelaskan Ujian Nasional tahun 2019 dilihat dari POS yang dikeluarkan oleh BSNP nomor 0047 dan 0048 tidak ada perubahan yang berarti, kecuali jadwal yang dimajukan terkait dengan adanya bulan Ramadhan.
    Melihat dari panduan yang dikeluarkan oleh BSNP bahwa UN tingkat SMP akan dilaksanakan mulai tanggal 22 s.d 25 April 2019 sedangkan USBN untuk tingkat SD masih menunggu info selanjutnya.
    Dalam forum ini juga membahas tentang proses pembiayaan, jika dilihat dari POS sudah diatur mana di satuan Pendidikan dan mana untuk Disdikpora Buleleng. Hal tersebut harus jelas sehingga masing-masing ada tanggung jawabnya. Keikutsertaan sekolah di dalam mengikuti UNBK untuk tahun ini Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Mataram sudah menyiapkan anggaran untuk pelaksanaan UNBK.
    Kadisdikpora berharap mudah-mudahan dengan adanya pola E-Purcashing dalam pengadaan barang/jasa pada bulan Februari sampai dengan Maret sudah tersedia sehingga siswa pada bulan April sudah bisa mempergunakan UNBK.

    Melalui sosialisasi ini diharapkan sekolah bisa lebih awal mempersiapkan segala sesuatunya terutama terkait proses belajar agar menjadi fokus yang utama, seperti bagaimana capaian kurikulum nantinya bisa terpenuhi agar tidak ada materi yang tertinggal sebelum siswa mengikuti Ujian Nasional. Semoga dengan adanya bantuan komputer ini target Pelaksanaan Ujian Nasional khususnya UNBK dapat meningkat dari 40 persen menjadi 85 persen dengan catatan semua perangkat sudah terverifikasi dengan baik.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad