Header Ads

  • Breaking News

    Rakor Peningkatan Kualitas Guru Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat


    Mataram - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat H. Nasruddin menjadi narasumber pada acara Rakor Peningkatan Kualitas Guru Madrasah menyampaikan bahwa NTB memiliki wilayah yang luas dan terdiri dari pulau Lombok dan Pulau Sumbawa dimana  kedua pulau ini penyebaran sistim pendidikannya belum merata jumlah madrasahnya.
    Dalam paparannya H. Nasruddin menyampaikan bahwa apabila dilihat dari data yang ada di Provinsi NTB pulau Lombok dan Pulau Sumbawa masing-masing memiliki Lima kabupaten/kota namun jumlah madrasah mengalami ketimpangan. Di Pulau Lombok jumlah lembaga pendidikan madrasahnya 87 %, sedangkan di Pulau Sumbawa yang lebih luas wilayahnya jumlah lembaga pendidikan madrasahnya hanya 19%,  begitu pula untuk madrasah negeri dan madrasah swasta, dimana yang madrasah negeri sejumlah 28% sedangkan madrasah swasta sejumlah 97,2%. Jadi jumlah lembaga pendidikan dari RA sampai dengan MA sejumlah 2.882.
    H. Nasruddin melaporkan kepada Deputi Bidang Pendidikan Agama kalau keberadaan madrasah baik negeri maupun swasta yang begitu banyak di NTB ini diberikan dana Bos nya dengan  diatur sedemikian rupa sehingga penggunan dana Bos  menjadi efektif dan tepat sasaran. Dan di laporkan kepada Deputi bahwa Jumlah Guru Madrasah di NTB sebanyak 34.511 orang.
    Terkait dengan Guru H. Nasruddin berharap terhadap persoalan yang menjadi permasalahan saat ini yaitu  tuntutan guru  tentang sertifikasi karena banyak guru-guru Tingkat Kanak-Kanak ( TK RA ) yang belum sertifikasi. H. Nasruddin dengan rendah hati berharap kepada Deputi agar dipermudahkan proses usulan sertifikasi di Pusat khusus bagi guru-guru TK Perwanida di NTB untuk mendapatkan sertifikasi, bahkan salah satu guru RA meminta di turunkan dari 15 orang guru 10 untuk bisa mendapatkan sertifikasi.
    Mengingat prosesnya begitu banyak yang harus dilalui H. Nasruddin berharap untuk kedepannya ada sistim baru sehingga bisa mempercepat birokrasi atau jalurnya guru-guru yang akan mengusulkan sertifikasi tentunya dengan memenuhi persyaratan yang harus dipenuhi oleh seorang guru. Disamping sertifikasi guru H. Nasruddin juga berharap sekali kepada Deputi agar bisa menaikkan kesejahteraan  guru-guru Non PNS atau guru Non Inpassing untuk meningkatkan kualitas guru. Selain itu juga berharap kepada Deputi agar memperhatikan guru-guru yang berada di daerah terpencil dan terluar untuk diberikan kesejahteraan  guna meningkatkan kualitas guru sehingga masyarakat bisa menikmati pendidikan terutama untuk anak didik di daerah terpencil.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad