Header Ads

  • Breaking News

    Data Penerima Jadup Rampung Minggu Depan


    Drs. H. Faisol Kadis Sosial P3A kabupaten Lombok Utara

    Lombok Utara - Bantuan jaminan hidup (Jadup) untuk korban gempa dari Kementerian Sosial RI tahap dua untuk Kabupaten Lombok Utara (KLU) segera dicairkan. Namun hingga saat ini, baru satu dari lima kecamatan yang menyerahkan data penerima ke Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) KLU.

    “Kami terus mendorong kecamatan segera merampungkan data penerima Jadup tersebut. Semoga minggu depan bisa rampung semua,” ujar Kepala Dinsos P3A KLU Faisol, kemarin (10/5).

    Ia menuturkan, sesuai amanat bupati pencairan, Jadup bisa dilakukan secepatnya. Sehingga penerima bisa menikmati Jadup pada bulan Ramadhan ini. Sebab itu pihaknya mendorong kecamatan melakukan percepatan pengumpulan data. Tujuannya supaya desa bisa mengumpulkan data yang dibutuhkan di awal Mei ini.

    “Tapi baru Kecamatan Pemenang saja yang sudah lengkap menyerahkan datanya,” sambungnya.

    Faisol mengaku tidak tahu persis alasan belum rampungnya data Jadup di empat kecamatan lainnya. Sebab data ini tergantung masing-masing dusun dan desa. Meski begitu, pihaknya berharap data tersebut segera diserahkan sehingga pencairan dapat segera dilakukan.

    “Karena data ini kita akan kirim ke Jakarta. Kalau bisa semua terkumpul cepat, sebelum Lebaran ini Jadup bisa dinikmati,” jelasnya.

    Karena data yang belum rampung, pihaknya belum bisa membuatkan rekening. Faisol mengaku anggaran Jadup tersebut sebenarnya sudah ada. Namun pencairannya menunggu semua data terkumpul untuk dikirim ke pusat. Sebab akan ada verifikasi lagi di tingkat pusat.

    “Kalau untuk yang sudah menikah tapi sudah cerai, mereka bisa mengambil menggunakan KK awalnya. Yang buka rekening itu istrinya, tapi suaminya yang ambil,” ungkapnya .

    Untuk percepatan perampungan data, Dinsos intens melakukan komunikasi dan koordinasi dengan kecamatan. Di kecamatan sendiri ada pendamping dari Dinsos yang membantu. Baik itu PKH hingga Tagana PSM. Kepala fusun hanya menyiapkan berkasnya. Setelah itu hasilnya itu disampaikan ke desa untuk di rekap lagi.

    “Mereka dibantu pendamping dari kita, jadi mestinya lebih cepat, “ katanya.

    Faisol melanjutkan, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Dinas Dukcapil untuk pembuatan adminduk yang menjadi persyaratan pencairan Jadup. Jika belum memiliki E-KTP, penerima bisa menggunakan surat keterangan dari desa.

    Terpisah Camat Pemenang Suhadman mengatakan data penerima Jadup seluruh desa di Kecamatan Pemenang sudah rampung. Pihaknya sudah menyerahkan data tersebut ke Dinsos P3A belum lama ini.

    “Tinggal menunggu langkah selanjutnya saja,” pungkasnya.




    Editor : Bayu

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad