Header Ads

  • Breaking News

    Lebaran, ASN Libur 11 Hari

    Kepala Biro Organisasi Setda NTB H.Yusron Hadi

    Mataram - Para Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa menikmati libur panjang saat Lebaran. Mereka akan mendapat jatah libur selama 11 hari. Dimulai 30 Mei hingga 9 Juni, kemudian ASN mulai masuk kerja 10 Juni.

    Kepala Biro Organisasi Setda NTB Yusron Hadi menjelaskan, informasi hari libur ASN sudah didapatkan, tetapi keputusan resmi dari pusat belum diterima. Mereka masih menunggu surat edaran resmi, baru kemudian akan ditindaklanjuti di daerah. ”Kepastiannya masih menunggu pemerintah pusat. Dua hari sebelum Lebaran ada rapat kepastian libur bersama,” kata Yusron, kepada Lombok Post, kemarin (10/5).

    Meski libur Lebaran tahun ini lebih panjang dibandingkan tahun lalu, namun menurut Yusron cuti bersama hanya empat hari. Hari libur menjadi panjang karena bertepatan dengan tanggal merah atau libur nasional, serta Sabtu-Minggu yang memang ASN tidak masuk kerja. Sehingga tidak banyak mengurangi jam kerja. ”Enam hari lainnya memang bukan jam kerja dan libur nasional,” kata Yusron.

    ASN tidak masuk kerja mulai hari Kamis 30 Mei yang merupakan libur nasional kenaikan Isa Almasih. Cuti bersama hanya 31 Mei, 3, 4 dan 7 Juni. Sementara 1,2, 8 dan 9 Juni bukan jam kerja yang tanpa Lebaran pun tetap libur. 

    Dengan libur yang cukup panjang, ia memastikan pelayanan dasar seperti kesehatan tidak akan terganggu. Pelayanan di rumah sakit tetap berjalan, mereka tidak akan libur. Petugas RSUD sudah membagi jadwal masing-masing. Demikian juga dengan kabupaten/kota juga sama.”Saya kira tidak akan banyak terganggu,” katanya.

    Sekretaris BKD NTB Yus Harudian Putra menjelaskan, cuti bersama pada dasarnya tidak menggugurkan cuti tahunan para ASN. Sehingga pegawai masih punya hak untuk menambah cuti. Hanya saja, belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, pemerintah pusat mengeluarkan edaran yang berisi imbauan kepada ASN untuk tidak menambah cuti. ”Aturannya itu yang sedang kita tunggu,” ujarnya. 


    Editor : Bayu



    Area lampiran

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad