Header Ads

  • Breaking News

    Dukungan Golkar Final Setelah Musda

    Misbach Mulyadi


    Mataram - Masing-masing DPD II Partai Golkar di tujuh kabupaten/kota di NTB yang akan melaksanakan Pilkada serentak, sudah menyerahkan usulan hasil penjaringan nama bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah yang akan diusung, ke DPD I Partai Golkar NTB.

    DPD I Golkar NTB kemudian juga sudah mengirim usulan nama-nama figur kandidat yang diusulkan oleh masing-masing DPD II. Akan tetapi usulan tersebut nantinya akan dikembalikan lagi oleh DPP setelah Musyawarah Daerah (Musda) DPD I Golkar NTB.

    “Semua usulan dari DPD II itu sudah dikirim ke Jakarta. Kemudian nanti DPP akan mengembalikan lagi setelah musda selesai untuk difinalisasi oleh DPD I,” ujar Ketua Harian DPD I Golkar NTB, H. Misbach Mulyadi yang dikonfirmasi wartawan di DPRD NTB, Jumat kemarin.

    Dijelaskan Misbach, mengapa DPP akan mengembalikan usulan tersebut, karena untuk usulan resminya akan ditandatangani oleh Ketua DPD I Golkar NTB yang baru. Pengiriman ke DPP tersebut dilakukan lantaran akan digelar musda, dan sambil menunggu hasil survei. Sehingga usulan yang sudah masuk ke DPP tersebut belum menjadi usulan resmi terkait yang direkomendasikan untuk didukung.

    “Karena yang menandatangani usulan itu nanti adalah ketua baru, sehingga apa yang sudah dikirim ke DPP saat ini masih belum fix, karena nanti setelah musda akan dikembalikan lagi ke DPD I,” jelasnya.

    Dengan alur proses pengusulan rekomendasi dukungan di Pilkada serentak 2020 di NTB tersebut, maka membuka peluang usulan arah dukungan Golkar bisa dikocok ulang oleh Ketua DPD I Golkar yang baru. Karena itu, Musda Golkar NTB ini sangat strategis bagi penentuan arah dukungan Golkar dalam Pilkada 2020.

    “Soal apakah ada perubahan atau tidak, jawabannya, bisa ya dan juga bisa tidak, kan begitu. Karena kita belum tahu nanti apa instruksi dari DPP, apakah akan melanjutkan yang sudah ada, atau ini diubah,” ungkapnya.

    Pelaksanaan Musda yang digelar beririsan dengan proses pencalonan kepala daerah dan wakil kepala daerah 2020 di tujuh daerah Kabupaten/Kota di NTB itu  Maka dinamika politik Musda juga dinilai akan sangat kental diwarnai dengan tarik menarik arah dukungan Golkar dalam Pilkada 2020 mendatang.

    Hal itu juga diungkapkan oleh pemerhati politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, Ihsan Hamid. Menurutnya, hasil Musda diprediksi akan memberikan pengaruh cukup signifikan terhadap peta dukungan Partai Golkar di Pilkada serentak 2020.

    “Ketika Musda ini digelar sebelum pilkada, maka tiket pilkada ini jadi barang jualan mahal dalam konstelasi politik perebut Ketua DPD Golkar. Itu jadi barang mahal, tiket pilkada ini adalah emas politiknya musda,” kata Ihsan.

    Diketahui Pilkada serentak 2020 di NTB akan digelar di tujuh daerah Kabupaten/Kota di NTB. Menguasai suara tujuh DPD II yang akan melaksanakan Pilkada itu sudah cukup sebagai modal untuk menguasai kursi Ketua DPD I Golkar NTB. Sebab itu sudah setengah dari total 14 suara yang akan diperebutkan.

    “Meskipun keputusan arah dukungan ada di DPP, tapi bagaimanapun juga Ketua DPD lah yang akan memastikan rekomendasi dukungan pilkada ke DPP. Karena bagaimanapun DPP biasanya akan merujuk rekomendasi daerah,” pungkasnya.

    Pewarta : Bayu
    Editor : Bayu Adjie

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad