Header Ads

  • Breaking News

    Gugus Tugas Covid-19 KLU tetap Bekerja Secara Profesional

    Koordinator Bidang Kehumasan Covid-19 KLU, Evi Winarni, M.Si. 

    Lombok Utara - Sebagai upaya melakukan pencegahan dan memutus rantai penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Lombok Utara, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 KLU, pada sepekan sebelumnya telah melaksanakan berbagai kegiatan.

    Kegiatan-kegiatan tersebut seperti pengamanan dan pengecekan suhu tubuh pada 3 kawasan perbatasan KLU, yaitu Pusuk Pass, Klui Malaka dan  Sambik Elen Bayan, 5-15 Juni 2020.

    Pada tanggal yang sama, juga telah dilaksanakan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum. Melakukan penyuluhan tentang penyebaran pandemi Covid-19, penertiban penataan jarak lapak antar pedagang di Pasar Tanjung, Pasar Pemenang dan Pasar Gondang.

    Pada sepekan itu juga telah dilaksanakan kontrol Pelabuhan Bangsal, terkait keluar masuknya masyarakat lokal yang menyeberang ke tiga Gili, sekaligus memberikan himbauan agar masyarakat tetap menjaga kesehatan dan menggunakan masker.

    Diantara kegiatan-kegiatan tersebut, yakni 10 Juni 2020, telah dilaksanakan pula pengamanan dan penataan jarak antar pedagang di Pasar Mingguan Tampes, Kayangan.

    Selanjutnya, pada 12 Juni 2020, dilaksanakan kegiatan edukasi dan kunjungan ke  rumah warga yang sedang diisolasi mandiri di Dusun Tegal Maja.

    Pada 10- 14 Juni 2020, dilaksanakan sosialisasi pencegahan penyebaran virus Corona secara terpadu di wilayah Koramil 03/Bayan.Pada 12 Juni 2020, dilaksanakan kegiatan pembersihan di Pelabuhan Bangsal. Pada 13 Juni 2020, dilaksanakan kegiatan fogging, pemasangan stiker dan spanduk, pembagian masker serta pemantauan terhadap fasilitas pelayanan kesehatan di Gili Trawangan.

    Pada 13 Juni 2020, telah dilaksanakan kegiatan pembersihan di Pasar Tanjung dan 14 Juni 2020, dilaksanakan kegiatan pengamanan serta memberikan himbauan terkait pencegahan penyebaran Covid-19 di Pasar Mingguan Anyar, Kecamatan Bayan.

    Untuk kegiatan penanganan medis, terdapat dua lokasi pelayanan medis, yaitu RSUD KLU dan Unit Layanan Karantina, dengan ketentuan bagi pasien reaktif dan positif Covid-19 disertai dengan penyakit penyerta yang didiagnosis memberatkan, anak-anak, bayi dan lansia ditempatkan di ruang isolasi biasa RSUD KLU.

    Sementara bagi pasien reaktif dan positif Covid-19 yang tidak menunjukkan gejala penyakit penyerta serta tidak termasuk bayi, anak-anak dan lansia ditempatkan di Unit Layanan Karantina.

    Saat ini terdapat dua pasien positif Corona, sedang dirawat di Unit Layanan Karantina.Jumlah yang sudah dilakukan RDT sebanyak 2936 orang. Dengan hasil reaktif sebanyak 171 orang dan non reaktif 2765 orang. Total RDT sejumlah 5480 set dan saat ini ketersediaan RDT di Dinas Kesehatan masih tersisa sejumlah 2394 set.

    Perkembangan penanganan Covid-19 pertanggal 15 Juni 2020 di KLU, adalah ODP (Orang Dalam Pemantauan) sebanyak 35 orang (isolasi mandiri), OTG (Orang Tanpa Gejala) 356  orang (isolasi mandiri), PDP (Pasien Dalam Pengawasan) 26 orang (isolasi mandiri) 45 orang positif, 42 orang sembuh dan masih dalam perawatan medis 2 orang serta meninggal 1 orang.

    Untuk kontribusi bantuan dari instansi, lembaga, donatur dan Pemerintah Daerah, pada 11 Juni 2020, telah disalurkan bantuan berupa 50 set Masker N95 dan 1000 Masker Medis dari Satgas BUMN ITDC kepada Pemda KLU.

    Pada 12 Juni 2020, telah disalurkan bantuan berupa APD (Alat Pelindung Diri) sejumlah 4 box oleh BPBD Provinsi kepada Pemda KLU. Pada 15 Juni 2020, telah disalurkan bantuan berupa Telur Fertil Fresh sejumlah 15.000 butir dari CSR dari Charoen Pokphand Foundation Indonesia.

    Telah dilakukan pula pemberian sembako oleh Dinas Sosial kepada keluarga pasien yang reaktif dan positif sebanyak 246 paket sembako pada 16 Juni 2020.

    Berikutnya pelayanan terhadap pasien positif Covid-19 dan ODP reaktif pada Unit Layanan Karantina di laboratorium dilakukan secara teratur, dari mulai layanan medis, layanan tempat, maupun layanan kuliner bagi yang terdampak Covid-19.

    Disampaikan pula bahwa sesuai perkembangan Covid-19 di Lombok Utara, meski  keadaan sudah mulai relatif pulih, diserukan untuk tetap jaga jarak, cuci tangan pakai sabun, dan gunakan masker.

    Atas semua kegiatan yang telah terlaksana, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 KLU, sangat berterimakasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi bagi kemanusiaan. Gugus Tugas mengajak semua pihak untuk secara bersama-sama mencegah Covid-19 di KLU dan bekerja secara tangguh profesional untuk kemanusiaan.

    "Mari cegah penyakitnya dan tidak mengucilkan penderitanya," kata Koordinator Bidang Kehumasan Covid-19 KLU, Evi Winarni, M.Si.

    Pewarta : Bayu
    Editor : Purwandi

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    Post Bottom Ad